Carrot Cake alias Cake Wortel

Posted in Baked, cakes, Indonesian, Uncategorized, vegetable with tags , , on October 15, 2012 by kokimalas

Akhirnya nemu resep cake wortel yang cocok. Aslinya didapat dari sini. Tapi sudah dimodifikasi sih, disesuaikan dengan bahan yang ada dan dibuat ga terlalu manis.

Cake ini dimakan tanpa olesan sudah enak kok. Kalau olesan krimcisnya diganti buttercream atau whipped cream kayaknya juga oke…atau malah mungkin ganache hmmmm

Bahan :

4 butir telur ayam (aku 2 butir telur utuh, 3 putih telur)

150 g gula pasir (aku 120 gr)

100 g gula palem (aku ga pake)

450 g wortel, serut halus (aku 300 gr, dan sebagian diserut kasar)

240 ml salad oil/minyak sayur (aku 200 ml minyak goreng plus 20 ml margarin cair)

Ayak jadi satu:

220 g tepung terigu

2 sdm susu bubuk

1 sdt baking powder

1 sdt soda kue (aku ga pake)

1 sdt kayumanis bubuk

1/2 sdt garam halus

Taburan:

50 g almond iris tipis (aku ga pake)

Olesan, kocok rata:

150 g cream cheese/keju krim

2 sdm susu kental manis

1 sdt kulit jeruk lemon parut (aku ga pake)

(tambahanku: 2 sdm mentega atau butter)

Cara Membuat :

  • Kocok telur dan gula hingga lembut dan kental.
  • Masukkan minyak sambil kocok rata.
  • Tambahkan campuran tepung, aduk rata.
  • Masukkan wortel parut, aduk rata.
  • Tuang ke dalam loyang loaf 22 cm. Ratakan.
  • Taburi almond. Panggang dalam oven panas 180 C selama 45 menit.
  • Angkat, dinginkan.

Enaaaaak deh!!!

Advertisements

Brownies ga pake mikir

Posted in Baked, Indonesian with tags , , on August 29, 2012 by kokimalas

Dapat resep dari sini. Sangat berguna kalau terserang dorongan makan brownies atau kue cokelat malem-malem. Super cepat dan gampang. hasilnya sih ga banyak, tapi kalau buat dimakan sendirian sih lebih dari cukup hihihi…

No Brainer Brownie
1/2 cup mentega atau margarin

1 cup gula pasir biasa

1 butir telur ukuran besar

3/4 cup tepung terigu

5 sdm bubuk cokelat

Cara membuat:

  • Cairkan margarin atau mentega. Angkat dari api.
  • Campurkan seluruh bahan yang lain dengan spatula atau sendok hingga tercampur rata dan permukaan adonan halus.
  • Tuang ke loyang kecil.
  • Panggang selama kurang lebih 15 menit. Sebaiknya dalam memanggang brownies, jangan sampai terlalu lama karena brownies akan jadi keras kalau sudah dingin. Cek dengan menusuk brownies menggunakan tusuk gigi atau garpu, bila adonan yang melekat tinggal sedikit, keluarkan dari oven.

Pai Labu Kuning

Posted in Baked, cakes, Indonesian with tags , , , on March 31, 2011 by kokimalas

Ternyata membuat Pie alias pai  itu memang gampang. Bahan dan peralatan yang digunakan pun tidak macam-macam.
Tidak perlu telur (kulitnya, kalau isinya ada yang pake ada yang tidak, tergantung mau bikin pai apa)
Tidak perlu mikser. Sumpah, aku malas mengeluarkan segala pernak-perniknya lalu harus mencuci setelahnya (hence the name of the blog)
Tidak perlu penggiling adonan. (Ini versi malas, tentu saja, toh tidak berpengaruh ke rasa)
Tidak perlu loyang pai. Loyang apa aja bisa. Kemarin aku memakai wadah gerabah tahan panas.
Jadi ceritanya, sudah lama aku mengidamkan makanan ringan-tidak-ringan ini, tapi si adik yang sudah teruji membuat pai tidak kunjung berbaik haati membuatkan pai untuk kakaknya yang manis ini, jadi yaaa..terpaksa deh melototin komputer dan browsing sebentar…
Versi si adik di blognya agak terlalu ribet, jadi si mbak harus berjuang mencari yang jauh lebih simpel..dan murah.. Trus, trus, para percobaan pertama aku ndak punya apel, jadi akhirnya bikin pumpkin pie aja. Sayang, pumpkin pie versi bule ga kerasa pumpkinnya malah kerasa rempah-rempahnya, jadi pada percobaan kedua aku mengarang bebas, bikin isi pai labu versi sendiri. Eeeh, Kaka sukaaa banget, sampai habis empat potong besar! Nah, di bawah ini resep kulit painya ya..
Kalau isinya, sebenarnya suka-suka aja sih, tapi kusediakan yang isi labu kuning versi mengarang bebas ya… selamat mencoba!

Bahan kulit:
1 cup tepung terigu
½ cup mentega (kemarin sih pake margarin aja) beku dipotong-potong
1 sdt gula
½ sdt garam
3 sdm air es (atau ¼ cup, tergantung selera)

Bahan isi:
1 cup labu kuning kukus, haluskan
1 butir kuning telur
2 sdm gula pasir
¼ cup susu
Sejumput kayu manis bubuk

Cara membuat:
Kulit:
Campur semua bahan kering dalam wadah, tambahkan margarin beku, tekan-tekan dengan garpu hingga berbulir kecil.
Tambahkan air, campur hingga adonan bisa dibentuk
Pasang di loyang atau wadah lain yang digunakan. Tekan-tekan dengan tangan serata mungkin di permukaan loyang. Masukkan lemari es selama beberapa saat. (kalo aku kadang baru dipanggang besoknya)
Isi: campur semua bahan jadi satu.
Penyelesaian: tuang isi ke dalam kulit pai. Panggang hingga kulit mengeras dan isi memadat.
Kalau mau menutup bagian atasnya dengan kulit, adonan harus ditambah. Kalikan dua saja..gampang to? Ohya, wadah yang kupakai berbentuk oval dengan panjang sekitar 20 senti..

Cake Jagung Manis Kukus

Posted in Steamed, Uncategorized with tags , , , on November 3, 2010 by kokimalas

Cake jagung kukus

Udah lama mupeng liat cake jagung manis kukus di sini
karena ga punya oven, jadi segala kue harus kukus.
Pencerahan yang kudapat saat bikin kue ini adalah, ternyata kue kukus bisa juga bertekstur crumbly (eh ini crumbly bukan ya.. pokoknya ga padat bantat gitu lho) kayak gini:

kirain bakal bantat, soalnya aku ga pake emulsifier, resepnya juga ga pake baking soda atau baking powder, dan biasanya cake kukusku selalu lebih bantat daripada cake panggang.
Ternyata kuncinya (sepertinya) di pengocokan telur! (huh, dasar newbie!) kali ini aku nggak males ngeluarin mikser, ternyata pengorbananku tidak sia-sia 😛

Ohya, ini resep modifikasinya, dan harap diingat, karena aku tak punya timbangan kue, semua takaran hanya dikira-kira (tapi berhasil euy! hmmm…sepertinya aku sudah mulai bukan beginner lagi dalam dunia masak-memasak, mungkin sudah masuk intermediate hihihi)

Bahan:

3 butir telur
70 gr gula pasir
1/2 sdt garam
100 gr tepung terigu protein sedang
1/2 sdt vanili
150 cc susu cair
150 gr jagung manis, diparut
50 gr margarin cair
50 gr jagung manis pipilan

Cara membuat:
– Kocok telur, gula, dan garam sampai kental dan berjejak
– Masukan tepung terigu, vanili dan susu secara bergantian, aduk rata
– Masukan jagung yang diparut, aduk rata
– Tambahkan margarin cair, aduk rata
– Masukan jagung manis pipilan ke atas adonan yang sudah dimasukkan ke dalam loyang
-Kukus sekitar 20 menit.

Churro

Posted in cakes, Fried, Indonesian with tags , , on October 26, 2010 by kokimalas

Nyontek resepnya dari sini dan sini tapi dimodifikasi dikit

Bahan:

1 cangkir air
1/2 cangkir margarine atau mentega
1/4 sdt garam
1 cangkir terigu
2 butir telur
1/4 cangkir gula bubuk
1/4 sdt kayu manis bubuk

cara:
1. Masukkan margarin atau mentega dan garam ke dalam air, panaskan hingga margarin atau mentega meleleh, lalu didihkan air.
2. Masukkan terigu dan sedikit gula, aduk rata. Angkat panci dari api. Tunggu sampai tidak terlalu panas.
3. Kocok telur hingga rata, masukkan ke dalam adonan. Aduk rata.
4. Masukkan adonan ke dalam piping bag, pakai mulut berbentuk bintang. (aku cuma punya yang kecil, tapi sebenarnya churro yang kutahu lebih besar ukurannya). Goreng dalam minyak panas dan agak banyak.
5. Sajikan dengan taburan gula dan kayu manis bubuk atau saus cokelat.
(kalau suamiku lebih suka plain, tanpa taburan dan saus :-))

Cake Labu Kuning kukus

Posted in Baked, Steamed, Uncategorized with tags , , , on June 8, 2010 by kokimalas

 

Ini Cake yang dikukus

Sudah beberapa kali aku mencoba membuat kue labu kuning, tapi selalu gagal. Yang kelembekanlah (jadi lebih mirip puding atau bubur daripada cake), yang kebanyakan rempahlah sehingga labunya sendiri ga kerasa (resep-resep luar negeri selalu pakai kayu manis, pala, cengkeh, dan entah apa lagi), yang repot bikinnyalah (harus marut labu kuning mentah..wadoh!). Naaah, kali ini, aku berhasil bikin kue labu kuning yang tekstur dan rasanya persis seperti yang kuinginkan, eh ndak persisp-persis banget deng, masih agak kemanisan dikit.., tapi di luar itu..seeplah! Sayang ga ada kamera..hiks..

Resep asli didapat dari sebuah blog luar negeri yang alamatnya sudah lupa (:-P), tapi sudah kumodifikasi dan hanya kubikin separuh resep karena takut gagal lagi. (Juga demi menghemat telur yang berharga itu). Berhubung tidak punya timbangan, aku sengaja mencari resep yang takarannya dengan cup, jadi bisa pakai gelas aja (berhubung ga punya cup standar)

Jadi, inilah resep modifikasiku:

1 ½ cup tepung terigu

1 sdt baking soda

½ sdt baking powder

1 cup gula (tapi kemanisan. Sepertinya 2/3 cup sudah cukup deh, atau malah ½ cup kalo labunya mateng dan manis)

1 cup labu kuning yang sudah dikukus dan dihaluskan dengan garpu (kira-kira 300 gr labu kuning mentah)

½ cup mentega atau margarin yang dicairkan (aku pakai yang sudah asin, kalau pakai yang unsalted, jangan lupa tambahkan sedikit garam pada adonan)

2 butir telur

Sedikit kayu manis bubuk dan pala bubuk (sedikiiit aja..ndak sampai ½ sdt kayaknya, karena kalo kebanyakan akan menutupi rasa labu kuningnya)

Cara membuat:

  1. Aduk rata tepung terigu, baking powder, baking soda, kayu manis bubuk dan pala bubuk dalam satu wadah.
  2. Di wadah terpisah dan lebih besar campur gula serta mentega cair, kocok hingga rata, tambahkan telur, kocok hingga gula larut (aku cuma pakai kocokan tangan, males ngeluarin mikser). Sebenarnya beberapa resep meminta hasil kocokan mengembang dan berwarna agak pucat, tapi punyaku ga terlalu mengembang, hanya sedikit memucat aja hehehe..
  3. Tambahkan labu kuning ke dalam hasil kocokan, aduk rata.
  4. Campur dengan terigu, aduk hingga rata.
  5. Masukkan ke dalam loyang yang sudah dioles margarin atau mentega, panggang kurang lebih 1 jam. (karena aku cuma pakai oven biasa yang ditaruh di atas kompor, jadi tidak ada ketentuan temperatur. Api yang digunakan adalah api sedang, karena pernah ketika aku menggunakan api terlalu besar, komporku terbakar hihihihi…)
  6. Periksa dengan menusukkan garpu, tusuk gigi, atau pisau ke dalam kue. Kalau sudah tidak ada adonan yang lengket, berarti kue sudah matang. (Jangan sampai gosong ya…)

Ohya, kue ini juga kemarin sukses dibuat dengan cara dikukus (berhubung ovennya habis dimasuki tikus dan belum sempet dibersihin lagi :-()

Ini juga dikukus 🙂

Brownies

Posted in cakes, Indonesian with tags , , on February 7, 2010 by kokimalas

Ini resep brownies andalan. Bikinnya gampang dan rasanya paling cocok di lidah..agak mlenyek di bagian dalam dalam gitu..paling sip kalau ditambahi kacang almond atau kenari.. Resep diambil dari Joy of Baking

Bahan:

140 gram cokelat masak, potong-potong

113 gram mentega tawar, potong-potong

2 sdm (15 grm) bubuk cokelat

1 cangkir (200 gr) gula putih

1 sdt ekstrak vanila

3 butir telur ukuran besar

¾ cangkir (95 gr) tepung terigu serbaguna

¼ sdt garam (hilangkan kalau pakai mentega asin atau margarin yang bergaram)

¾ cangkir (125 gr) cokelat keping (kalau ada, atau diganti kacang-kacangan)

Cara:

Lelehkan cokelat dan mentega di dalam mangkuk stainless steel yang diletakkan di atas panci yang berisi air yang mendidih (tapi tidak menggelegak). Singkirkan dari kompor dan mauskkan bubuk cokelat serta gula. Kemudian, masukkan ekstrak vanili dan telur, satu demi satu, dan kocok rata setiap kali telur dimasukkan. Akhirnya, masukkan terigu, garam, dan cokelat keping (kalau pakai).

Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega dan panggang selama 30 menit, atau sampai tusuk gigi yang dimasukkan ke bagian tengah kue hanya dilekati sedikit adonan yang masih basah. Jangan sampai tusuk gigi bersih, karena itu berarti kue terlalu matang. Keluarkan dari oven dan dinginkan. Sajikan dalam suhu ruang atau dengan didinginkan dalam lemari es. Dingin-dingin juga enak .